Home » » KHASIAT BUNGA ROSSELA

KHASIAT BUNGA ROSSELA

Bunga rossela adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.
Selain iru bunga rossela juga bermanfaat untuk
1)           Pelangsing
Cara Mengobati :
Ambil beberapa bunga rosella. Pisahkan mahkota dengan bijinya. Jemur mahkota bunganya sampai kering. Ambil 2 sendok rosella yang sudah kering. Tuangkan air panas. Aduk sampai berwarna cokelat kemerah-merahan. Minum 1 hari 1 kali pada pagi hari.
2)           Pegal Linu
Cara Mengobati :
Petik 3 bunga rosella. Cuci hingga bersih. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan bunga rosella dan gula pasir secukupnya. Tunggu hingga berwarna merah. Setelah itu, tuangkan ke gelas. Minum ketika mengalami pegal linu.
3)             a.     Menyembuhkan Diabetes Melitus / Kencing Manis
b.          Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
c.           Menurunkan Kadar Asam Urat Dalam Darah
d.         Memperbaiki Metabolisme
e.          Melangsingkan Tubuh
f.            Mencegah Panas Dalam
g.          Mencegah Batu Ginjal
h.          Menyehatkan Mata

Caranya :
3 - 4 buah rosella basah ataupun kering, diseduh dengan air panas sebanyak kurang lebih 20 cc (1 gelas) dapat diminum saat panas ataupun dingin (beri es), dapat juga ditambah gula putih.
4)            Untuk Campuran Obat Bekas Cacar
Cara Mengobati :
Ambil bunga rosella, campurkan dengan air direbus sampai mendidih. Ambil airnya dan minumkan pada anak yang memiliki penyakit bekas cacar / belang.
5)           Menurunkan Darah Tinggi
Cara Mengobati :
Ambil buah rosella. Kemudian potong kecil-kecil. Jemur hingga kering. Lalu dibuat teh ditambah gula pasir agar tidak terasa asam. Minum 3 kali sehari.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kumpulan Obat Herbal Alam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger