Home » » MANFAAT TANAMAN ALANG ALANG

MANFAAT TANAMAN ALANG ALANG

Alang-alang atau ilalang ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian. Rumput ini juga dikenal dengan nama-nama daerah seperti alalang, halalang (Min.), lalang (Mly., Md., Bl.), eurih (Sd.), rih (Bat.), jih (Gayo), re (Sas., Sumbawa), rii, kii, ki (Flores), rie (Tanimbar), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba) dan lain-lain.
Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai.

MANFAAT BAGI TUBUH

Tumbuhan alang - alang ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain : Malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylidrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, skharosa, glukosa, manitol, damar dan logam alkali. Alang - alang disebut Imperata cylindrica atau Lagurus cylindricus.
Tumbuhan ini termasuk kedalam famili tumbuhan Gramineae atau Poaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah ilalang, hilalang atau kambengan.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya Diantaranya Adalah :

Muntah Darah

Akar segar 30 - 60 gram, dicuci bersih, dipotong - potong, dogodok dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Minum setelah dingin.

Mimisan

Akar segar dicuci bersih, ditumbuk dan diperas airnya sampai terkumpul 100 cc. Minum air perasannya.

Air Kemih Berdarah

Rebus 10 gram akar segar dengan 2.000 cc air sampai tersisa 1.000 cc. Minum airnya.

Kencing Nanah

Akar segar 300 gram dicuci bersih, dipotong - potong seperlunya, digodok dengan 2.000 cc air bersih sampai tersisa 1.200 cc, ditambah gula batu secukupnya. Dibagi 3 kali minum atau sebagai teh. Sepuluh hari untuk satu cure.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat daun alang - alang bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui untuk mencegah penyaki - penyakit seperti diatas yang harus dijaga untuk selalu hidup sehat dengan obat tradisional alami. Selamat mencobanya dirumah dan semoga bermanfaat buat semua.

Share this article :

1 komentar:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kumpulan Obat Herbal Alam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger