Home » » MANFAAT BELIMBING WULUH

MANFAAT BELIMBING WULUH

Belimbing wuluh adalah sejenis buah yang sering disebut dengan belimbing sayur. Buah belimbing wuluh awalnya berasal dari daerah Indonesia tepatnya di Maluku, sehingga kemudian dikembangbiakkan di beberapa daerah lainya di Indonesia hingga sampai pada negara lain seperti Myanmar, Sri Lanka, Filipina dan Malaysia. Belimbing wuluh juga sering disebut dengan belimbing asam karena rasanya yang asam namun memberikan kesegaran saat dikonsumsi. Di Indonesia, belimbing wuluh sangat populer serta digemari oleh banyak orang. Manfaat buah belimbing wuluh juga tidak kalah populernya dibandingkan buahya sendiri, sebab belimbing wuluh sering dimanfaatkan sebagai campuran bahan dalam berbagai olahan seperti masakan dan juga jamu.
Selain itu belimbing wuluh memiliki banyak nama tergantung dari daerah tempat belimbing wuluh ini dikembangbiakkan. Dibawah ini beberapa nama belimbing wuluh beserta daerahya:
  1. Limeng ungkot dan bohlimeng – Aceh
  2. Selemeng – Gayo
  3. Asom, belimbing dan balimbingan – Batak
  4. Belimbing asam – Melayu
  5. Malimbi – Nias
  6. Balimbieng – Minangkabau
  7. Balimbing – Lampung
  8. Calincing dan balingbing – Sunda
  9. Blimbing wuluh – Jawa
  10. Bhalingbhing bulu – Madura
  11. Blingbing buloh – Bali
  12. Limbi – Bima
  13. Balimbeng – Flores
  14. Libi – Sawu
  15. Belerang – Sangir
  16. Belimbing tunjuk – Banjarmasin
  17. Bainang – Makassar
Khasiat & Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Banyak keuntungan yang diberikan belimbing wuluh ketika dikonsumsi, salah satu khasiat buah belimbing wuluh adalah dari segi kesehatan tubuh. Dibawah ini beberapa manfaat buah belimbing wuluh bagi kesehatan beserta tata cara mengolahya:

1. Mengobati sakit batuk

Bahan: Siapkan bunga belimbing wuluh sebanyak 25 kuntum, rimpang dan kulit kayu masing-masing 1 jari, bawang merah sebanyak 2 siung, daun sendok dan daun inggu sebanyak ¼ genggam.
Cara: Semua bahan dicuci bersih kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah itu rebus semua bahan yang telah dicuci dan direbus pada air sebanyak 5 gelas sehingga airnya nanti tersisa ½ gelas. Lalu saringlah air dan minumlah 3 kali sehari. Anda juga bisa mencampurkan madu pada air tersebut sebelum diminum.

2. Menyembuhkan rematik

Bahan: Siapkan daun belimbing wuluh yang masih muda sekitar 1 ons, merica sebanyak 15 biji, cengkeh 10 biji dan cuka putih secukupnya.
Cara: Jika sudah siap, campurkan daun belimbing, merica dan cengkeh sambil ditimbuk hingga halus. Setelah itu campurkan cuka putihnya pada bahan yang telah ditumbuk halus. Kemudian oleskan secara rutin pada bagian kulit anda yang sakit.

3. Mengobati gondongan

Bahan: Belimbing wuluh yang masih muda dan daunnya sekitar 10 ranting serta bawang merah sebanyak 4 siung.
Cara: Haluskan semua bahan yang telah disiapkan tersebut. Setelah iu oles/balurkan pada bagian tubuh anda yang sakit secara rutin setiap hari.

4. Menghilangkan panu

Bahan: Belimbing wuluh sebanyak 10 buah dan kapur sirih secukupnya.
Cara: Tumbuk semua belimbing wuluh hingga halus, kemudian campurkan kapur sirih yang telah disiapkan pada belimbing wuluh yang telah halus tersebut. Nah, setelah itu oleskan pada bagian kulit anda yang terkena panu.

5. Menghilangkan jerawat

Bahan: Siapkan belimbing wuluh dan garam secukupnya saja.
Cara: Haluskan buah belimbing wuluh yang telah disiapkan, setelah itu campurkan garam secukupnya sehingga semua bahan tercampur rata. Lalu gosokkan pada bagian wajah yang jerawat.

6. Mengobati batuk pada anak

Bahan: Bahan yang perlu disiapkan adalah bunga belimbing wuluh sekitar ½ genggam, gula, adas dan air putih.
Cara: Campur semua bahan yang telah disiapkan lalu ditim selama mungkin sekitar beberapa jam. Jika sudah selesai, tunggulah hingga dingin. Setelah itu saringlah airnya dan minum 2 kali.

7. Mengatasi batuk rejan

Bahan: Belimbing wuluh sebayak 10 buah dan air garam 2 sendok.
Cara: Belimbing wuluh dicuci bersih dan campurkan garam sambil diremas-remas. Setelah itu saringlah airnya dan minum 2 kali sehari.

Mudah bukan dalam membuat bahan tersebut. Apalagi hal tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan serta perawatan kecantikan. Jadi, manfaat buah belimbing wuluh sangat menunjang bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, selain buahnya, penting untuk anda ketahui bahwa manfaat buah belimbing wuluh tidak hanya terletak pada buahnya saja, semua bagian dari belimbing wuluh juga ada manfaatnya seperti pada bunga dan daunnya.
Untuk mendapatkannya pun tidaklah sulit, anda bisa mendapatkannya di berbagai tempat seperti pasar modern dan pasar tradisional sekalipun. Dan juga anda bisa menanamnya sendiri di rumah karena perkembangbiakan buah belimbing wuluh sendiri sangat gampang. Jadi, segeralah anda untuk mendapatkan manfaat buah belimbing wuluh ini

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kumpulan Obat Herbal Alam Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger